BM MWCNU Telukjambe Timur 0408


HASIL BAHTSUL MASAIL DINIYAH

LAILATUL IJTIMA’ 07 MWC NU TELUKJAMBE TIMUR

Tempat : Masjid NURUL HUDA, Puseurjaya, Telukjambe Timur.

Hari/tanggal : Rabu, 02 Rabi’ul akhir 1428 H / 09 April 2008 M

Waktu : Pkl. 20.00 – 23.00 WIB

1. S : Apakah Nabi Muhammad Saw hidup di alam kuburnya ? Dan sejauh manakah pengaruh kehidupan itu terhadap kita dalam kehidupan dunia ?

J : a. Nabi Muhammad Saw hidup di alam kuburnya (barzah), artinya lengkap dengan jasad dan ruhnya. Namun karena berbeda alam dengan kita, maka kita tidak dapat melihatnya, kecuali bagi orang-orang tertentu yang mendapat izin Allah.

Dasar : Riyadlus Shalihin (juz II hal. 123, 124)

Shahih Ibnu Hibban (juz IV hal. 309)

Assunanul Kubra lil Baihaqi (juz III hal. 249)

b. Pengaruh kehidupan beliau di alam kuburnya tersebut adalah beliau senantiasa memperhatikan dan memohonkan ampun kepada Allah bagi umatnya.

Dasar : Jami’ul Ahadits lil Imam as-Suyuthi (juz II hal. 157)

Masnad al-Bajari (juz II hal. 458)

Majmu’uj Jawaid wa Manbi’ul Fawaid (juz VIII hal. 313)

عَوْدُ الرُّوحِ إلَى بَدَنِ الْمَيِّتِ فِي الْقَبْرِ لَيْسَ مِثْلَ عُودِهَا إلَيْهِ فِي هَذِهِ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ؛ وَإِنْ كَانَ ذَاكَ قَدْ يَكُونُ أَكْمَلَ مِنْ بَعْضِ الْوُجُوهِ كَمَا أَنَّ النَّشْأَةَ الْأُخْرَى لَيْسَتْ مِثْلَ هَذِهِ النَّشْأَةِ ؛ وَإِنْ كَانَتْ أَكْمَلَ مِنْهَا بَلْ كُلُّ مَوْطِنٍ فِي هَذِهِ الدَّارِ وَفِي الْبَرْزَخِ وَالْقِيَامَةِ : لَهُ حُكْمٌ يَخُصُّهُ ؛ وَلِهَذَا أَخْبَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ الْمَيِّتَ يُوَسَّعُ لَهُ فِي قَبْرِهِ وَيُسْأَلُ وَنَحْوَ ذَلِكَ وَإِنْ كَانَ التُّرَابُ قَدْ لَا يَتَغَيَّرُ فَالْأَرْوَاحُ تُعَادُ إلَى بَدَنِ الْمَيِّتِ وَتُفَارِقُهُ . (مجموع فتاوى ابن تيمية :1/345)

“Dikembalikan ruh ke badan mayit di dalam kubur, namun tidak seperti dalam kehidupan dunia. Sekalipun demikian kadang-kadang (dikembalikannya ruh ke badan mayit dalam kubur) lebih sempurna pada beberapa keadaan, sebagaimana suatu kejadian tidak sama seperti kejadian yang lain, Dan keadaan “lebih sempurna” ini bahkan terjadi pada setiap tempat baik dalamkehidupan di dunia, dalam barjah maupun pada hari kiamat. Oleh karena itu sabda Rasulullah Saw: Sesungguhnya mayit dilapangkan dalam kuburnya, ditanya (oleh Malaikat Munkar dan Nakir) dan sebagainya, sekalipun keadaan tanah tidak berubah. Sedangkan ruh-ruh dikembalikan ke badan mayit dan dipisahkan”.

وعن أوس بن أوس رضي الله عنه، قَالَ : قَالَ رسولُ الله صلى الله عليه وسلم : إنَّ مِنْ أفْضَلِ أيَّامِكُمْ يَومَ الجُمُعَةِ ، فَأكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلاةِ فِيهِ ، فَإنَّ صَلاَتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ . قالوا : يَا رسول الله ، وَكَيفَ تُعْرَضُ صَلاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرَمْتَ ؟ قَالَ : يقولُ بَلِيتَ . قَالَ : إنَّ اللهَ حَرَّمَ عَلَى الأرْضِ أَجْسَادَ الأَنْبِيَاءِ. رواه أَبُو داود بإسنادٍ صحيح .(رياض الصالحين: 2/123)

“Aus bin Aus r.a. berkata: Rasulullah Saw bersabda: Sesungguhnya sebaik-baik hari adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat pada hari itu, karena bacaan shalawatmu itu dihidangkan kepadaku. Shahabat r.a. bertanya: Bagaimanakah dihidangkan salawat kami sedangkan engkau telah menjadi tanah bubuk? Bersabda Nabi Saw: Sesungguhnya Allah mengharamkan atas bumi memakan jasad para Nabi”.(HR. Abu Dawud).

وعنه رضي الله عنه، قَالَ : قَالَ رسول الله صلى الله عليه وسلم : لا تَجْعَلُوا قَبْرِي عِيداً ، وَصَلُّوا عَلَيَّ ، فَإنَّ صَلاَتَكُمْ تَبْلُغُنِي حَيْثُ كُنْتُمْ . رواه أَبُو داود بإسنادٍ صحيح .

وعنه : أنَّ رسول الله صلى الله عليه وسلم، قَالَ : مَا مِنْ أَحَدٍ يُسَلِّمُ عَلَيَّ إِلاَّ رَدَّ اللهُ عَلَيَّ رُوحِي حَتَّى أَرُدَّ عَلَيْهِ السَّلاَمَ . رواه أَبُو داود بإسنادٍ صحيح . .(رياض الصالحين: 2/124)

“Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah Saw bersabda: Jangan kau jadikan kuburku sebagai tempat perayaan, dan bacakan shalawat untukku, maka bacaan shalawatmu itu akan sampai kepadaku di mana saja kamu berada”. (HR. Abu Dawud).

“Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah Saw bersabda: Tiada seseorang yang mengucapkan salam kepadaku, melainkan Allah mengembalikan ruhku hingga aku dapat menjawab salamnya”. (HR. abu Dawud).

عن عبد الله بن مسعود عن النبي صلى الله عليه وسلم قال:إن لله ملائكة سياحين يبلغون عن أمتي السلام. قال: وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: حياتي خير لكم تحدثون ويُحدث لكم، ووفاتي خير لكم تعرض علي أعمالكم، فما رأيت من خير حمدت الله عليه وما رأيت من شر استغفرت الله لكم. رواه البزار ورجاله رجال الصحيح.(مجمع الزوائد ومنبع الفوائد :8/313)

“Abdullah bin Mas’ud r.a. berkata: Rasulullah Saw bersabda: Sesungguhnya bagi Allah ada Malaikat-Malaikat yang berkeliaran, mereka menyampaikan salam dai umatku. Dan sabdanya Saw: Hidupku itu suatu kebaikan bagimu, kamu sekalian berbicara dan kami berbicara kepadamu. Dan wafatku itu suatu kebaikan bagimu, dihidangkan padaku amal-amalmu, maka jika aku melihat suatu kebaikan (pada amalmu) aku bertahmid kepada Allah, dan jika aku melihat suatu keburukan (pada amalmu) maka aku beristighfar (memohonkan ampun) untukmu”.

2. S: Apakah menghadiahkan pahala bacaan Al-Quran kepada mayit dapat sampai kepadanya? Bagaimana memahami pendapat Imam Syafi’i yang menyatakan bahwa hadiah pahala bacaan Al-Quran tidak sampai kepada mayit? Bagaimana hukumnya memberi upah kepada orang yang membaca Al-Quran yang pahalanya dihadiahkan kepada mayit? Dan apakah bisa sampai?

J: a. Menghadiahkan pahala bacaan Al-Qur’an kepada mayit dapat sampai kepadanya.

Dasar : Sunan al-Baihaqi (juz II hal. 298)

Adz-Dzakhirah at-Tsaminah, hal. 64 (dalam Fiqh Tradisi, Dasar Amaliyah Warga NU).

I’anatut Thalibin (juz III hal. 258)

b. Maksud pendapat Imam Syafi’i tersebut adalah apabila pahalanya tidak diniatkan sebagai hadiah ke]ada mayit, atau berniat dihadiahkan tetapi tidak membaca doa sesudah bacaan Al-Qur’an tersebut (seperti dengan kalimat: “Allahumma taqabbal wa aushil tsawaba maa qara’naahu …ila ruhi…dst) Hal ini dibuktikan dengan perbuatan Imam Syafi’i sendiri bahwa beliau pernah berziarah ke makam Imam Layts bin Sa’ad dan beliau mengkhatamkan Al-Qur’an di sana, lalu beliau berkata, “Saya berharap semoga perbuatan seperti ini tetap berlanjut dan senantiasa dilakukan”. Bahkan dalam kesempatan lain beliau menyatakan, “Disunahkan membaca sebagian ayat Al-Qur’an di dekat mayit, dan lebih baik lagi jika membacanya sampai khatam”. (KH. Muhyiddin Abdusshomad, Fiqih Tradisi, Dasar Amaliah Warga NU, hal. 84)

Dasar : Hukm as-Syari’ah Islamiyah fi Ma’tam al-Arba’in, hal. 43

Adz-Dzakhirah at-Tsaminah, hal. 64

Dalil al-Falihin, juz VI hal. 103

Al-Majmu’ (juz XV hal. 30)

c. Memberi upah kepada orang yang membaca Al-Quran yang pahalanya dihadiahkan kepada mayit, hukumnya boleh dan pahalanya sampai (memberi manfaat) kepada mayit.

Dasar : Al-Majmu’ (juz XV hal. 30-31)

I’anatut Thalibin (juz III hal. 259)

أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ : مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ : سَأَلْتُ يَحْيَى بْنَ مَعِينٍ عَنِ الْقِرَاءَةِ عِنْدَ الْقَبْرِ فَقَالَ حَدَّثَنَا مُبَشِّرُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ الْحَلَبِىُّ عَنْ عَبْدِ الرَّحَمْنِ بْنِ الْعَلاَءَ بْنِ اللَّجْلاَجِ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ قَالَ لِبَنِيهِ : إِذَا أَدْخَلْتُمُونِى قَبْرِى فَضَعُونِى فِى اللَّحْدِ وَقُولُوا بِاسْمِ اللَّهِ وَعَلَى سُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَسُنُّوا عَلَىَّ التُّرَابَ سَنًّا وَاقْرَءُوا عِنْدَ رَأْسِى أَوَّلَ الْبَقَرَةِ وَخَاتِمَتَهَا فَإِنِّى رَأَيْتُ ابْنَ عُمَرَ يَسْتَحِبُّ ذَلِكَ (سنن البيهقى:2/298)

“Dari Abdurahman bin ‘Alai, sabda Rasulullah Saw: Apabila aku dimasukan ke dalam kuburku dan telah diletakkan dalam liang lahat, maka ucapkanlah: Bismilah, wa ala sunati Rasulillah Saw, dan letakkan atas mayatku tanah, dan bacalah di atas kepalaku awal dan akhir surat A-Baqarah!. Maka sesungguhnya aku melihat Ibnu Umar men-sunahkan yang demikian itu”. (Sunan al-Baihaqi).

وحكى المصنف في شرح مسلم والاذكار وجها أن ثواب القراءة يصل إلى الميت، كمذهب الائمة الثلاثة، واختاره جماعة من الاصحاب، منهم ابن الصلاح، والمحب الطبري، وابن أبي الدم، وصاحب الذخائر، وابن أبي عصرون. وعليه عمل الناس. وما رآه المسلمون حسنا فهو عند الله حسن.

وقال السبكي. الذي دل عليه الخبر بالاستنباط أن بعض القرآن إذا قصد به نفع الميت …. وإذا نفعت الحي بالقصد كان نفع الميت بها أولى. (قوله: لا يصل ثوابها إلى الميت) ضعيف. (وقوله: وقال بعض أصحابنا يصل) معتمد…….(قوله: واختاره) أي اختار القول بوصول ثواب القراءة للميث كثيرون من أئمتنا. ……(والحاصل) أنه إذا نوى ثواب قراءة له أو دعا عقبها بحصول ثوابها له أو قرأ عند قبره حصل له مثل ثواب قراءته، وحصل للقارئ أيضا الثواب. (اعانة الطالبين: 3/258)

“Imam Nawawi meriwayatkan dam kitab Syarah Muslim dan Adzkar, bahwa pahala membaca Al-Quran sampai kepada mayit, dan pendapat ini dipilih oleh kesepakatan ashhab Syafi’i. Apa yang dipandang baik oleh Muslimun maka baik pula di sisi Allah……..Kesimpulannya, jika niat (mengirimkan) pahala membaca Al-Quran atau berdoa setelah membaca Al-Quran agar sampai pahalanya, atau membaca Al-Quran di kubur, maka sampai pahalanya kepada mayit, dan bagi pembacanya juga mendapat pahala”.

وقال الشربينى في المغنى: الاجارة للقرآن على القبر مدة معلومة أو قدرا معلوما جائزة للانتفاع بنزول الرحمة حيث يقرأ القرآن ويكون الميت كالحى الحاضر، سواء أعقب القرآن بالدعاء أم جعل قراءته له أم لا فتعود منفعة القرآن إلى الميت في ذلك، ولان الدعاء يلحقه وهو بعدها أقرب إلى الاجابة وأكثر بركة، ولانه إذا جعل أجرة الحاصل بقراءة للميت فهو دعاء بحصول الاجر فينتفع به. فقول الشافعي رضى الله عنه أن القراءة لا تحصل له محمول على غير ذلك. الله (المجموع:15/30)

Kata Imam Syabini dalam al-Mughni: Mengupah orang yang membaca Al-Quran di kubur selama dalam kewajaran adalah boleh, untuk mengambil manfaat dengan diturunkannya rahmat ketika membacanya, sedangkan keadaan mayit itu seperti orang hidup. Sama saja (sampai pahala bacaan Al-Quran) apakah diikuti doa setelah membacanya, dikuhuskan pahalanya kepada mayit atau tidak…..Adapun qaol Imam Syafi’i yang menyatakan bahwa bacaan Al-Qur’an tidak sampai kepada mayit bukan pada masalah ini”.

3. S: Adakah dalil yang menyatakan sampainya do’a atau hadiah shadaqah kepada mayit selain dari anak shaleh kepada orangtuanya? Bagaimana kaitannya dengan firman Allah dalam Surat An-Najm ayat 39 ?

J: Do’a atau hadiah kepada mayit yang dilakukan oleh orang lain (Muslimin) selain dari anak shaleh, dapat sampai pahalanya kepada mayit.

Dalil :

قال عثمان رضي الله عنه وكان النبي صلى الله عليه وسلم إذا فرغ من دفن الميت قال استغفروا لميتكم وسلوا له التثبيت فانه الآن يسأل (, السنن الكبرى للبيهقى: 4/56)

أخرج أبو داود في سننه أنه ( كان إذا فرغ من دفن الميت وقف عليه فقال😦 استغفروا لأخيكم، وسلوا له بالتثبيت فإنه الآن يسأل) حديث حسن. وأخرج أيضاً أبو داود وغيره بإسناد حسن أنه ( كان إذا وضع الميت في لحده قال : بسم الله وبالله، وعلى ملة رسول الله.

وينتفع بالصدقة عنه كما روى البخاري أن رجلاً قال لرسول الله ( إن أمي تُوفَيتْ أينفعُها إن تصدقتُ عنها؟ قال: نعم ) وفي المسند والسنن عن سعد بن عبادة رضي الله عنه أنه قال يا رسول الله إن أم سعد ماتت فأي الصدقة أفضل؟ قال: الماء. فحفر بئرا وقال هذه لأم سعد. فسقي الماء من الصدقات التي ينتفع بها الميت من ولده. وأخرج مسلم أن رجلاً قال للنبي ( إن أبي ترك مالاً ولم يوص فهل يكفى أن أتَصدَّق عنه؟ قال: نعم .

وينتفع الميت بدعاء المسلمين واستغفارهم له لقوله تعالى: ( وَالَّذِينَ جَاؤُوا مِن بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ ( ( الحشر 10 ) ، وفي السنن مرفوعاً😦 إذا صليتم على الميتِ فأخلصوا له الدعاء ). (حكم القراءة على الأموات, محمد احمد عبدالسلام الشقيري :1/1-2)

“Sabda Rasulullah Saw ketika selesai mengubur mayit: Mohonkanlah ampun kepada allah oleh kamu sekalian bagi (mayit) saudaramu (muslim) dan berwasilahlah dengan tetap (iman dan Islam) baginya, karena sesungguhnya dia saat ini akan ditanya (Malaikat Munkar dan Nakir)”. (Assunanul Kubra lil Baihaqi, HR. Abu Dawud).

“Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah Saw: Ibuku telah meninggal, apakah sahadaqahku akan memberi manfaat baginya? Jawab Rasulullah Saw: Ya, benar”. (HR. Bukhari).

“Seorang laki-laki bertaya kepada Rasulullah Saw: Bapakku meningglkan harta sedangkan dia tidak berwasiat, apakah cukup jika aku bershadaqah untuknya? Jawab Rasulullah Saw: Ya, benar” (HR. Muslim)

“Firman Allah Swt: Dan orang-orang yang datang setelah mereka berkata: Wahai Tuhan kami ampunilah bagi kami dan bagi saudara-saudara kami (muslimun) yang dating sebelum kami dengan iman”. (QS. Al-Hasyr : 10).

“Dalam sebuah hadits hasan marfu’: Jika kamu shalat mayit , maka berdoalah dengan ikhlas untuknya”.

___ و الله اعلم __

Kembali ke Bahtsul Masail

Satu Tanggapan

  1. Mantep…. mudah2an jadi tauladan di kita……..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: